BERAPA KAMBING AQIQAH YANG DIBUTUHKAN


  • Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak laki-laki berbeda dengan Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak perempuan. Ini merupakan pendapat mayoritas ulama, sesuai hadis yang telah kami sampaikan di atas.

    Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak laki-laki sama dengan Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak perempuan, yaitu sama-sama 1 ekor kambing.

    Pendapat ini berdasarkan riwayat bahwa rasulullah ? mengaqikahi Hasan dengan 1 ekor kambing, dan Husein (keduanya adalah cucu) dengan 1 ekor kambing.

    Bisa disimpulkan bahwa jika seseorang berkemampuan untuk menyembelih 2 ekor kambing bagi Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak laki-lakinya, maka sebaiknya ia melakukannya, tetapi jika tidak mampu maka 1 ekor kambing untuk Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak laki-lakinya juga diperbolehkan dan mendapat pahala.

    Mungkin akan timbul pertanyaan, mengapa agama Islam membedakan antara Aqiqah / Aqiqoh / Akikah anak laki-laki dan anak perempuan, maka jawabannya adalah bahwa seorang muslim, ia berserah diri sepenuhnya pada perintah Allah SWT, meskipun ia tidak tahu hikmah akan perintah tersebut, karena akal manusia terbatas.

    Barangkali juga bisa diambil hikmahnya yaitu untuk memperlihatkan kelebihan seorang laki-laki dari segi kekuatan jasmani, juga dari segi kepemimpinannya (qawwamah) dalam suatu rumah tangga.



    Kadar jumlah hewan

    Kadar Aqiqah / Aqiqoh / Akikah yang mencukupi adalah satu ekor baik untuk laki-laki ataupun untuk perempuan, sebagaimana perkataan Ibnu Abbas rahimahulloh: Sesungguh-nya nabi ? mengAqiqah / Aqiqoh / Akikahi Hasan dan Husain satu domba satu domba. (Hadis shahih riwayat Abu Dawud dan Ibnu Al Jarud)

    Ini adalah kadar cukup dan boleh, tetapi yang lebih utama adalah mengAqiqah / Aqiqoh / Akikahi anak laki-laki dengan dua ekor, ini berdasarkan hadis-hadis berikut ini:[7]

    Ummu Kurz Al Kabiyyah berkata, yang artinya: Nabi memerintahkan agar dsembelihkan Aqiqah / Aqiqoh / Akikah dari anak laki-laki dua ekor domba dan dari anak perempuan satu ekor. (Hadis sanadnya shahih riwayat Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan)

    Dari Aisyah Radhiallaahu anha berkata, yang artinya: Nabi memerintahkan mereka agar disembelihkan Aqiqah / Aqiqoh / Akikah dari anak laki-laki dua ekor domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor. (Shahih riwayat At Tirmidzi)

    dan karena kebahagian dengan mendapatkan anak laki-laki adalah berlipat dari dilahirkannya anak perempuan, dan dikarenakan laki-laki adalah dua kali lipat wanita dalam banyak hal..